Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Produk N’bakery Sukadana Lampung Timur Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam

Hasanah, Novi Nur (2023) Analisis Strategi Pemasaran Produk N’bakery Sukadana Lampung Timur Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NOVI NUR HASANAH - 1903010049 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Islam menghalalkan jual beli yang termasuk juga bisnis. Namun tentu saja orang yang menjalankan bisnis secara Islam, harus menggunakan tatanan atau aturan main bagaimana seharusnya seorang muslim berusaha dalam dunia bisnis agar mendapatkan berkah dari Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Dalam pandangan Islam bisnis bukan hanya tentang mencari keuntungan, namun keberkahan. Berbisnis tidak diperkenankan melanggar syariat Islam. Ketentuan syariat baik dalam modal, strategi, proses, maupun praktek dan seterusnya. Islam memiliki perangkat syari’at yaitu norma agama dalam segala aspek kehidupan termasuk dalam usaha dan bisnis.

Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai Bagaimana Strategi Pemasaran Produk N’Bakery Sukadana Lampung Timur Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu Menganalisis Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh N’Bakery Sukadana Lampung Timur Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan dalam kancah yang sebenarnya. Adapun lokasi penelitian yang dipilih penulis yaitu bertempat bertempat di Toko kue N’Bakery. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa N’Bakery menggunakan strategi pemasaran Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P, yaitu Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Distribusi, Strategi Promosi, Strategi Partisipan, Strategi Bukti Fisik dan Strategi Proses. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tinjauan etika bisnis Islam dalam strategi harga, distribusi, promosi, partisipan, bukti fisik dan proses sudah berjalan dengan sesuai.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:36
Last Modified: 25 Sep 2023 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item