Kamaliyah, Nurul (2023) Problematika Belajar Mufrodat Bagi Siswa Kelas VII Di MTs Daarul Ma`Arif Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2022/ 2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NURUL KAMALIYAH - 1901021014 - PBA.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Problematika merupakan rangkaian masalah yang terjadi karena kesenjangan antara teori dan praktik. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menjelaskan secara rinci permasalahan yang dialami siswa dalam belajar kosakata bahasa Arab. Permasalahan yang dialami siswa dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami kalimat berbahasa Arab. Kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengakibatkan kesulitan ini terus terjadi. Dalam skripsi ini, peneliti bertujuan memaparkan secara lebih jelas dan rinci terkait apasaja permasalahan yang dialami siswa kelas VII di MTs Daarul Maarif Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 dalam belajar kosakata bahasa Arab, dan bagaimana solusi terhadap permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru bahasa Arab, dan dokumen MTs Daarul Maarif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menurut Teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dialami siswa kelas VII MTs Daarul Maarif dalam belajar kosakata bahasa Arab dibagi menjadi dua, yaitu problem linguistic dan non linguistic. Adapun problem linguistic diantaranya : 1. Kesulitan membaca kosakata 2. Kesulitan menghafal kosakata. 3. Kesulitan mempraktikkan kosakata dalam kalimat sederhana. 4. Kesulitan dalam menerjemahkan kosakata dalam kalimat sederhana. Adapun problem non linguistik adalah:1. Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda. 2. Kurangnya motivasi siswa belajar bahasa Arab. 3. Tidak adanya lingkungan bahasa Arab di sekolah. 4. Metode dan media pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif. Untuk mengatasi ل masalah tersebut, dapat dilakukan cara cara dibawah ini: 1. Menggunakan metode sam`iyyah bashariyyah 2. Menggunakan media kartu bergambar 3. Menggunakan metode drill dan penguatan hafalan serta terjemahan tiap pertemuan 4. Menggunakan metode gradual untuk belajar mempraktikkan kosakata 5. Menggunakan ice breaking permainan bahasa arab untuk meningkatkan motivasi belajar 6. Mengadakan program muhadatsah 7. Mengadakan lingkungan bahasa arab disekolah.
Kata kunci : Belajar, Mufrodat, Problematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8265 |
Actions (login required)
View Item |