Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Syaifudin, Ahmad (2023) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHMAD SYAIFUDIN - 1901081002 - T. BIOLOGI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan permasalahan yang ada pada penelitian prasurvey yang telah dilakukan, yaitu kurangnya variasi media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi, sehingga hal tersebut menjadi salah satu pengaruh terhadap rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dikelas XI MAN 1 Lampung Timur.

Adapun tujuan dalam melakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dikelas XI IPA 3 MAN 1 Lampung Timur. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) termasuk kedalam penelitian kuantitatif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didikberbasis Scientific Approach pada kelas XI IPA 3 dengan jumlah 35 siswa,dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dengan 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi, lembar tes soal dan dokumentasi. Teknik analisis yang dijadikan sebagai data kuantitatif yaitu observasi keterampilan proses sains siswa, lembar soal, untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi sitem pernapasan manusia setelah diterapkannya media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Scientific Approuch.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran LKPD berbasis Scientific Approach terbukti mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan data keterampilan proses sains pada siklus I diperoleh skor persentase sebesar 90,33%, dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I sebelum diterapkannya media pembelajaran LKPD bebrasis Scientific Approach persentase ketuntasaan mencapai 37,14%, pada siklus II mengalami peningkatan, dengan jumlah peningkatan 62,36%.

Kata Kunci: Penerapan media LKPD berbasis Scientific approach, meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:19
Last Modified: 04 Oct 2023 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8267

Actions (login required)

View Item View Item