Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pelaksanaan Strategi Multiple Intelligence Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Metro

Evendi, Khoirul (2019) Pengaruh Pelaksanaan Strategi Multiple Intelligence Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KHOIRUL EVENDI 14114551 .pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Suasana belajar yang kurang kondusif karena penurunan minat belajar peserta didik merupakan tantangan bagi seorang pendidik untukbisa membangkitkan kembali minat peserta didik dalam belajar agar tercapainya tujuan penddikan nasional, belum lagi peserta didik yang mampu membangkitkan minat belajar yang berasal dari dalam masih tergolong jarang. Oleh karena itu, minat belajar yang berasal dari luar perlu mendapatkan perhatian dan tindakan. Minat adalah suatu rasa suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh.

Dalam pengertian di atas, dapat diketahui bahwa banyak sekali hal yang dapat dilakukan olehseorang pendidik dalam menumbuhkan minat belajar dantaranya melaksanakan strategi Multiple Intelligencedalam proses pembelajaran dikelas. Dalam konsep pendidikan Multiple Intelligence sebuah strategi kecerdasan ganda yang dimiliki seseorang dalam menyelesaikan masalah atau persoalan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama beberapa kali dengan melihat proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI ipa 1, minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMA N2 Metro tergolong rendah. Hasil wawancara dengan pendidik mata pelajaran pendidikan agama islam diketahui bahwa pelaksanaan strategi Multiple Intelligence sudah diterapkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh pelaksanaan strategi Multiple Intelligence terhadap minat belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Metro?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pelaksanaan strategi Multiple Intelligence terhadap minat belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Metro.

Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan teknik sampling teknik sampling bertujuan yaitu dari 5 kelas yang menjadi populasi diambil 1 kelas yang berjumlah 30 peserta didik yang menjadi sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi kemudian untuk proses analisa datanya dengan teknik statistic menggunakan rumus chi kuadrat (X2).

Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (X2) dimana diketahui bahwa chi kuadrat hitung (X2hitung) sebesar 18,275 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (X2tabel), pada taraf signifikansi 1% (9,488) atau 9,488<14,476. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan strategi Multiple Intelligence terhadap minat belajar pendidikan agama islam peserta ddik kelas XI di SMA Negeri 2 Metro. Dari perhitungan perbandingan di atas diperoleh harga C = 0,61 dengan Cmaks= 0,816 dengan harga C = 0,61 berada pada kriteria klasifikasi sangat erat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:01
Last Modified: 14 Jan 2020 05:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item