Sari, Linda (2023) Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningktakan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD N 1 Simbar Waringin Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LINDA SARI - 1901012017 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kegiatan Belajar Mengajar merupakan proses inti dari proses pembelajaran di dunia pendidikan yang melibatkan prilaku aktif yaitu pendidik dan peserta didik. Metode pembelajaran merupakan salah satu syarat yang wajib dalam menyampaikan materi yang akan di sampaikan untuk mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Melalui metode pembelajaran, bahan ajar dapat disampaikan secara efektif, efesien dan teratur dengan baik.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar sehingga mengakibatkan mereka tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru serta kurangnya partisipasinya sebagian siswa di dalam proses pembelajaran. Sehingga dari penilaian hasil belajar siswa diperoleh data dari 23 siswa hanya 7 siswa yang mencapai KKM sedangkan 16 siswa belum mencapai KKM. Hal ini menunjukkan indikasi terhadap rendahnya hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data dan melihat sasaran penelitian, metode wawancara digunakan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana implementasi metode resitasi pada proses pembelajaran PAI, kendala dalam implementasi metode resitasi, dan pendukung metode resitasi. Sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berkanaan dengan fisik SD N 1 Simbar Waringin seperti sarana dan prasarana sekolah, siswa, denah lokasi, serta struktur organisasi yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan pertama, implementasi metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana terdapat perubahan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum melakukan metode resitasi dan sesusah melakukan metode resitasi. Nilai rata-rata sebelum melakukan metode resitasi yaitu 58,17 sedangkan setelah melakukan metode resitasi nilai rata-rata mencapai 83,30. Kedua, kendala dalam penerapan metode resitasi ini masih banyak siswa yang belum bisa melafalkan bacaan surat Al Ma’un. Ketiga, pendukung metode resitasi yaitu adanya fasilitas yang memadai seperti buku, Al-qur’an, mushola.
Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar, Kendala, Pendukung Metode Resitasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 00:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 00:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8271 |
Actions (login required)
View Item |