Anggerayni, Annisa (2023) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Confidence Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANNISA ANGGERAYNI - 1901060002 - TMTK.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Analisis kemampuan penalaran matematis dan self confidence siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis masalah latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan penalaran siswa dan self confidence dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis masalah. (2) Mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri (self confidence) siswa dalam menjawab soal berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: (1) Tes (2) Angket (3) Wawancara. Teknik analisis data menggunakan: (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil tes dan angket yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII B di SMP Negeri 10 Metro, penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran dan rasa percaya diri yang tinggi dalam menyelesaikan soal dan angket menunjukkan hasil yang sangat baik. Sementara itu, siswa yang memiliki kemampuan penalaran dan rasa percaya diri yang sedang dalam menyelesaikan soal dan angket menunjukkan hasil yang cukup baik. Adapun siswa yang memiliki kemampuan penalaran yang rendah juga memiliki tingkat rasa percaya diri yang rendah.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Self Confidence, Soal Berbasis Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8272 |
Actions (login required)
View Item |