Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di TPQ Armina Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur

Lutfiyah, Rena Amaratul (2023) Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di TPQ Armina Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rena Amaratul Lutfiyah - 1901011135 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Akhlak dalam Islam mempunyai kedudukan yang begitu penting. Akhlak merupakan suatu bawaan atau sifat dalam diri seseorang yang keluar dengan sendirinya tanpa adanya perencanaan dan paksaan, kemudian dapat memunculkan macam-macam perbuatan secara mudah dan spontan. Memiliki akhlak yang baik memerlukan proses dan juga adanya pembinaan, dan pembinaan yang baik adalah pembinaan yang dilakukan sejak dini, agar nantinya anak-anak dapat tumbuh kembang menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa anak yang mengikuti pendidikan di TPQ Armina khususnya usia 7-12 tahun yang akhlaknya masih kurang baik. Seperti sikap kurang sopan terhadap guru, orang tuanya dan orang yang lebih tua darinya, mengeluarkan perkataan-perkataan yang tidak baik, suka menganggu temannya atau usil, saling bermusuhan dan bertengkar, dan ribut ketika pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana peran guru dalam pembinaan akhlak anak di TPQ Armina Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan penulis adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah guru TPQ Armina, sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen-dokumen maupun data yang diproleh dari TPQ. Teknik dalam pengumpulan data penulis menggunakan wawancara terstruktur, observasi partispasi aktif dan juga dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data penulis menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data penulis menggunakan metode Miles and Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, lalu menarik kesimpulan dari hasi penelitian yang telah dilakukan.

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembinaan akhlak anak di TPQ Armina, guru berperan sebagai teladan atau contoh untuk anak, guru berperan membiasakan anak untuk berakhlakul karimah, guru berperan mengawasi perilaku anak dan guru berperan sebagai penasihat untuk anak.

Kata Kunci : Peran Guru, Pembinaan Akhlak, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:55
Last Modified: 03 Oct 2023 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item