Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat

Denti, Khusna Rahma (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KHUSNA RAHMADENTI NPM 1501010063.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa yang tidak disiplin ketika berada disekolah seperti datang terlambat suka membolos dan sukagaduh di kelas karena kurangnya guru dalam mengawasi kegiatan siswa di lingkungan sekolah sehingga siswa kurang mendapatkan perhatian. Akibat dari kurangnya pengawasan dari guru membuat sebagian siswa itu melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah yang membuat mereka merasa tidak bersalah dan tidak sadar atas perbuatanya, dari permasalahan tersebut para guru, khususnya guru pendidikan Agama Islam memiliki tugas dan kewajiban untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswatujuan dari Upaya Guru Penididkan Agama Islam untuk meningkatkan kedisiplinan belajar adalah untuk mengetahui dan Mendeskripsikan kondisi kedisiplinan belajar kelas X di SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengahdan untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan kedisiplinan belajar kelas X di SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah.

Penelitian ini penulis menggunakan jenisppenelitian lapangan (field research),dapat juga dianggap sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif atau sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Ide pentingnya adalah bahwa peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah.Metode yang digunankan dalam pengumpulan data ini adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Metode wawancara digunakan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kedisiplinan belajar, metode observasi, untuk mengamati secara langsung bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, metode dokumentasi, untuk mengetahui profil sekolah, sarana dan prasarana, data guru dan siswa serta denah lokasi. Adapun sumber primer dan sumber skunder, untuk sumber primer adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan sumber skunder adalah siswa kelas X.

Hasil penelitian menunjikkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswayaitu dengan cara penekanan terhadap siswa melalui kegiatan pembiasaan kedisiplinan siswa seperti budaya peduli terhadap lingkungan, sholat dhuhur berjamaah, mengaji sebelum pembelajaran dimulai, dan mebiasakan tata krama yang baik, sopan santun yang baik. Pada akhirya nanti yang diharapkan kedepanya siswa memperoleh ilmu umum, mereka juga mendapatkan ilmu rohaniyah yang dapat dijadikan bekal kelak ketika sudah berada di lingkungan masyarakat, sehingga tujuan utamanya yaitu membentuk lulusan anak yang berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:04
Last Modified: 14 Jan 2020 05:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item