Wati, Heni Yuliana (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Dalam Peningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMPN 1 Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Heni Yuliana Wati - 2171010060 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pada mata pelajaran PAI siswa disekolah tergolong rendah, karena penggunaan model pembelajaran siswa hanya duduk mendengarkan. Upaya yang dilakukan yaitu memilih model pembelajaran dengan tepat. Oleh sebab itu penulis memilih menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick. Model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick adalah model pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dengan bantuan tongkat serta diiringi murottal, siswa yang mendapatkan tongkat diharuskan menjawab pertanyaan untuk mengemukakan ide atau pedapatnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick dalam peningkatan hasil belajar PAI siswa SMPN 1 Batanghari Lampung Timur? 2) Bagaimanakah proses model pembelajaran kooperatif learning? 3) Bagaimanakah proses evaluasi dan hasil belajar model pembelajaran kooperatif learning? 4) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran kooperatif learning?
Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick dalam peningkatan hasil belajar PAI siswa SMPN 1 Batanghari Lampung Timur. 2) Untuk mengetahui proses model pembelajaran kooperatif learning. 3) Untuk mengetahui proses evaluasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif learning. 4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran kooperatif learning.
Berdasarkan hasil penelitian mata pelajaran PAI siswa, setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada pretest yaitu 5,0. Pada post test I nilai rata-rata siswa yaitu 7,0. Pada post test II nilai rata-rata siswa yaitu 8,0. Pada post test III nilai rata-rata siswa yaitu 9,0. Dari analisa di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan implementasi model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick dapat meningkatkan mata pelajaran PAI siswa di SMPN 1 Batanghari Kabupaten Lampung Timur.
Kata Kunci: Talking Stick, Fiqih, PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 08:45 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 08:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8282 |
Actions (login required)
View Item |