Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Kusnandar, . (2019) Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KUSNANDAR 1283601.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berusaha memberikan bantuan supaya anak didikmendapatkan perkembangan yang wajar, mendapatkan ketentraman batin,serta dapat menyelesaikan masalah-masalahyang dihadapinya.Tentu saja selalu diharapkan bahwa hal-hal yang demikian itu akan dapatselalu terjadi pada setiap anak didik. Akan tetapi apa yang terjadi dalamkenyataan tidaklah demikian. Banyak sekali individu, baik belum dewasamaupun sudah dewasa, yang pada suatu saat tidak mampu menyelesaikansendiri masalahnya, indikasinya adalah muncul berbagai penyimpangan prilaku yang sewajarnya tidak dilakukan oleh anak didik seperti tidak masuk sekolah tanpa keterangan, membolos pada jam belajar, tidak mengerjakan tugas dan tidak mengikuti tata tertib sekolah. Dari masalah-masalah tersebutlah penulis tertarik untuk meneliti seberapa besar pengaruh layanan bimbingan dan konselingterhadap hasil belajarsiswaSMK PGRI 1 Punggur.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahuijenis layanan bimbingan dan konseling yang diterapkan di sekolah; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa; Teknikpengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket langsung,wawancaradan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah seluruh siswaSMK PGRI 1 Punggursebanyak210siswa,dari 210siswa yang dijadikan sampeladalah 21 siswa, maka dengan ini penelitian ini merupakan penelitian sampel.

Berdasarkan hasil pengujian, di peroleh harga chi kuadrat (2hitung) sebesar10.382. Kemudian harga 2hitung ini dibandingkan dengan harga 2tabel sebesar 9,488. Ternyata harga 2hitung lebih besar dari 2tabel. Dengan demikian hipotesis Alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh antara layanan bimbingan dan konseling terhadap hasil belajarsiswa. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,574kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruhantaravariabel X terhadap variabel Y dengan tingkat pengaruh sebesar 57%yang tergolong kriteria sedang.

Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yangmasuk dalam kriteria sedang antara layanan bimbingan dan konseling terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa SMK PGRI 1 Punggur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:08
Last Modified: 14 Jan 2020 05:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item