Safitri, Devani Dwi (2023) Pengembangan Modul Berbasis Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MAN 1 Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Devani Dwi safitri.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil prasurvey yang dilakukan di MAN 1 Lampung Tengah di temukannya suatu permasalahan yaitu minimnya sumber belajar yang digunakan saat mengajar materi biologi yaitu termasuk pada materi pencamaran lingkungan. Dalam proses pembelajaran, sumber belajar yang digunakan yitu hanya terfokus pada LKS, dan belum melibatkan siswa dengan lingkungan sekitar pada saat proses pembelajaran, sehingga menyebabkan beberapa siswa cenderung mengalami kebosanan serta kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Peneilitian ini bertujuan untuk menggembangkan modul berbasis jelajah alam sekitar pada materi pencemaran lingkungan sebagai sumber belajar siswa MAN kels X.
penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasii oleh validator serta uji produk menunjukan bahwa modul berbasis jelajah alam sekitar pada materi pencemaran lingkungan sebagai sumber belajar siswa MAN kelas X sangat layak digunakan. Hal ini tersebut diperoleh berdasarkan hasil persentase validasi dan uji coba produk. Hasil persentase yang diperoleh dari masing masing yaitu diantaranya hasil ahli media sebesar 81 %, ahli materi sebesar 87 %,respon guru diperoleh sebesar 92%, respon siswa diperoleh sebesar 94 % dan semua hasil tersebut masuk kategori “sangat Layak”.
Kata Kunci : Sumber Belajar , Modul , JAS , Pencemaran Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:26 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8290 |
Actions (login required)
View Item |