Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kompetensi Guru Fiqih Dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa MTs Roudhatul Ulum Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah

Sari, Eka Novita (2023) Kompetensi Guru Fiqih Dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa MTs Roudhatul Ulum Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EKA NOVITA SARI - 1901011050 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kompetensi guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan siswa yang mengarah pada shalat dzuhur yang terdapat beberapa siswa yang belum maksimal melaksanakannya karena masih banyak yang membolos saat jam shalat dzuhur. Maka dari itu, guru fiqih semaksimal mungkin menanamkan kedisiplinan pada siswanya. Penelitian ini memfokuskan pada kompetensi kepribadian guru fiqih bahwa siswa di MTs Roudhatul Ulum seputih mataram dalam melakukan kedisiplinan tentang melaksanakan shalat zuhur berjamaah di sekolah belum begitu sepenuhnya maksimal. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompentensi kepribadian guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan pada shalat dzuhur siswa?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi kepribadian guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat dzuhur siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam memilih cara yang tepat bagi guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan juga menjadi bahan masukan bagi lembaga pendidikan Islam dan guru fiqih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan sifat penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah guru fiqih kelas VIII, tiga orang peserta didik kelas VIII, waka kesiswaan serta kepala sekolah. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: kompetensi guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan siswa dikatakan baik. Hal ini bisa dilihat dari guru yang memberikan motivasi. Indikator dari kompetensi kepribadian guru dapat menerapkan: (1) akhlak mulia seperti berbuat baik dan sabar kepada siswanya, (2) mantap, stabil dan dewasa seperti dengan cara tegas dan tidak membeda-bedakan siswanya, (3) arif dan bijaksana seperti tahu cara mengambil sikap dalam berbagai situasi, (4) menjadi teladan seperti memberikan contoh langsung, (5) motivasi seperti mengarahkan dan menasehati siswanya. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa di MTs Roudhatul Ulum ini belum semuanya bisa disiplin pada saat shalat dzuhur. Namun guru fiqih di MTs Roudhatul Ulum ini telah mampu menjalankan tugasnya dan berjalan dengan baik dan optimal.

Kata kunci: Kompentensi guru, Fiqih, Kedisiplinan Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:06
Last Modified: 24 Oct 2023 02:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item