Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan

Sondawati, Galuh (2023) Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Galuh Sondawati - 1901010029 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Kedisiplinan adalah tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan diperlukan peserta didik sebagai salah satu cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Terlihat bahwasanya ada beberapa peserta didik yang sering terlambat masuk kelas, keluar masuk kelas pada jam pelajaran, bahkan dalam mengerjakan tugas tidak tepat waktu saat mengumpul. Terdapat 11 (37%) dari 30 peserta didik yang hasil belajar mata pelajaran Al Islam tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditentukan sekolah.

Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis adanya hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran al-islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan.

Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan yang berjumlah 30 siswa dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu menggunakan seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel yakni 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan Pearson Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan analisis data maka diperoleh nilai rxy yaitu 0,712. Kemudian untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi menggunakan rumus uji t, diperoleh harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,048 dan harga thitung sebesar 7,487. Ternyata 7,487 > 2,048 (thitung>ttabel) yang artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima (Ha) atau terdapat hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Al Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:20
Last Modified: 04 Oct 2023 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item