Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Cendekia Madani Metro Utara

Wati, Indah Agus (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Cendekia Madani Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Indah Agus Wati - 1901011075 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembinaan yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh sekelompok orang dewasa kepada generasi muda agar mereka dapat mengembangkan segala potensi yang sudah ada pada dirinya, dapat dikatakan bahwa dalam pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran dan peran seorang pendidik. Seorang pendidik juga dituntut untuk dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan belajar serta mampu mengatasi kendala-kendala yang timbul pada proses pembelajaran seperti kesulitan belajar siswa untuk itulah strategi guru sangat amat dibutuhkan.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Manfaat penelitian ini adalah sebagai penambah dan sumber kajian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII dan empat orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan metode miles and huberman.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber diketahui bahwasanya strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dilakukan dengan mengoptimalkan peran guru sebagai pembimbing, mediator, fasilitator, dan evaluator, serta memenuhi unsur-unsur strategi guru yakni : (1) Mengidentifikasi masalah (2) Melakukan pendekatan (3) Menetapkan metode (4) Menentukan Standar Kriteria keberhasilan. Maka dapat disimpulkan bahwasanya Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cendekia Madani telah mampu melaksanaan strateginya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dengan baik dan optimal.

Kata Kunci : Strategi Guru, Mengatasi ,Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:23
Last Modified: 20 Oct 2023 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item