Afipah, Dina Intan (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa SMPN 2 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DINA intan afipah - Dina Intan Afipah.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan moral dan akhlak siswa yang saat ini sudah pada taraf yang memprihatin kan, mulai dari keluar pada saat jam pelajaran, tidak hormat dan sopan terhadap guru, dan memiliki akhlak yang tidak terpuji lainnya. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa SMPN 2 Pekalongan?, serta apa saja yang menjadi factor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa?. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi dekadensi moral yang terjadi di SMPN 2 Pekalongan,peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa SMPN 2 Pekalongan, serta faktor hambatan dan pendukung dalam mengatasi dekadensi moral siswa SMPN 2 Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan suatu fenomena sosial yang terjadi dengan memberikan gambaran sesuai fakta dan tanpa adanya rekayasa. Sumber data primer yang digunakan yaitu Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa, kemudian sumber data sekunder yaitu guru Bimbingan Konseling serta data-data yang mendukung penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Keadaan dekadensi moral siswa yang terjadi di SMPN 2 Pekalongan mengalami peningkatan tiap tahunnya akan tetapi masih dalam batas kewajaran, namun masih perlu pengawasan dari guru dan orang tua. 2) Upaya mengatasi dekadensi moral yang dilakukan oleh guru PAI di antaranya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan, member nasihat dan teguran kepada siswa yang melakukan dekadensi moral, menyediakan buku kasus, serta menjalin komunikasi dengan wali murid dan 3) Hambatan yang dihadapi dalam mengatasi dekadensi moral di antaranya terdapat siswa pindahan yang terkadang member pengaruh buruk ke siswa yang lain, kurangnya pendidikan agama di lingkungan keluarga, serta pergaulan yang tidak terkontrol. Sedangkan faktor pendukungnya, adanya sarana dan prasarana yang disediakan sekolah dan adanya kesadaran diri dan kemauan dari diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 01:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 01:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8312 |
Actions (login required)
View Item |