Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persaingan UMKM Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam (Usaha Pabrik Tahu Di Desa Banjarrejo 38 Polos Kecamatan Batanghari Lampung Timur)

Untoro, Silvia Gita (2023) Persaingan UMKM Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam (Usaha Pabrik Tahu Di Desa Banjarrejo 38 Polos Kecamatan Batanghari Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Silvia Gita Untoro - 1804040093 - ESY.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Persaingan merupakan upaya untuk mempertahankan suatu usaha agar dapat diterima dimasyarakat, di masa banyaknya usaha serupa yang didirikan seperti di Desa Banjarrejo 38 Polos yaitu Pabrik Tahu, persaingan usaha ini timbul karena adanya persamaan produk yang di jual dan ketidak samaan harga yang diberikan oleh setiap penjual, ini menyebabkan terjadinya persaingan ketat antara pemilik usaha yang mendirikan usaha yang serupa.

Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai yaitu bagaimana upaya yang dilakukan dalam persaingan usaha yang di tinjau dari etika bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah lapangan (filed research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.

Temuan pada penelitian ini adalah bahwa strategi persaingan yang dilakukan oleh masing-masing Pabrik yaitu dengan menggunakan strategi persaingan secara sehat dan telah mengacu kepada syari’at Islam serta sebagian berpondasi kepada etika bisnis Islam, dengan mengunggulkan kualitas produk, pelayanan yang baik terhadap konsumen, hal ini telah berkaitan dengan etika bisnis Islam mengenai prinsip Tauhid yaitu semua prabrik tahu telah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT bahwa rezeki tidak akan tertukar, kemudian Prinsip Keseimbangan (Adil) ke 3 Pabrik Tahu telah bersikap adil dengan memberikan upah yang sesuai dengan pekerjaan dan memprioritaskan konsumen dengan melayani sesuai anterian, kemudian Prinsip Kehendak Bebas yang diterapakan yaitu terhadap strategi persaingan yang digunakan oleh masing-masih Pabrik Tahu, selanjutnya Prinsip Pertanggung Jawab yang diterapakan dengan memberikan informasi bahwasannya ukuran tahu yang diperjual belikan berbeda seperti yang biasanya dikarenakan kenaikan bahan baku, Prinsip Kebajikan dengan memberikan kemudahan terhadap konsumen apabila mengambil terlebih dahulu produk tahu dan membayarnya keesokan harinya serta memberikan bonus terhadap konsumen. Dari ke 6 prinsip etika bisnis Islam terdapat 1 yang belum diterapkan yaitu mengenai Prinsip Kejujuran dan Kebenaran yang mana semua Pabrik tidak terbuka mengenai kondisi tahu.

Kata Kunci: Persaingan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:25
Last Modified: 24 Oct 2023 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item