Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran SKI di MTs Ma’arif NU 18 Roudlotul Ulum Pasir Sakti Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Lailatussarifah, . (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran SKI di MTs Ma’arif NU 18 Roudlotul Ulum Pasir Sakti Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi LAILATUSSARIFAH 1501010064 .pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar SKI siswa diketahui dari banyak siswa yang belum mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 62,5% siswa. Dalam hal ini guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah dan pemberian tugas, akan tetapi sebagian besar siswa cendrung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan semangat dalam belajar. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan guru, bahkan mengalami kesulitan apabila diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi. Sering kali diberikan kesempatan bertanya siswa hanya terdiaam sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan guru.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Peneliti mengambil tindakan untuk meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 18 Roudlotul Ulum Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa pada materi Sejarah Berdirinya Dinasti Ayyubiyah menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk pengamati aktivitas guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dan metode dokumentasi.

Hasil Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TGT Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I menghasilkan rata-rata 3,5% setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus II menjadi 4,15% .Sedangkan Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I menghasilkan rata-rata 57.4% dan setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas siswa pada siklus II menjadi 88,9%dan pada hasil belajar siswa siklus I didapati nilai rata-rata siswa yaitu 51,9 dengan rincian 19 siswa tuntas dan 13 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa rata-rata mendapatkan nilai 75,5dengan rincian sebanyak 26 siswa yang telah tuntas belajar dan 7belum tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:45
Last Modified: 14 Jan 2020 05:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item