Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah

Anggraini, Meisi (2023) Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MEISI ANGGRAINI - 1901031040 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektifitas penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah, permasalahan yang di temukan, yaitu ada beberapa siswa yang hasil belajar matematikanya belum mencapai Kritaria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal tersebut terjadi karena siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika dan bosan selama pembelajaran.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data Primer dan sumber data Sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat di simpulkan bahwa Penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran matematika kelas 3 UPT SDN 34 Tulang Bawang tengah sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari hasil belajar matematika siswa yang meningkat saat pre test dan post test. Saat pre test siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa dengan peresentase 44,4%. Sedangkan saat post test siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa dengan peresentase 77,8%. Selanjutnya dari data hasil observasi efektivitas metode bernyanyi didapat persentase sebesar 69,4%, dimana persentase tersebut masuk dalam kategori tinggi. Jadi metode bernyanyi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di UPT SDN 34 Tulang Bawang Tengah.

Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:30
Last Modified: 24 Oct 2023 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item