Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Manajemen Pengelolaan KBIHU Nurussalam Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Calon Jama’ Ah Haji (Studi kasus di KBIHU Nurussalam Sekampung Lampung Timur)

Al-Ustadzi, Jihan Ibtisam (2023) Manajemen Pengelolaan KBIHU Nurussalam Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Calon Jama’ Ah Haji (Studi kasus di KBIHU Nurussalam Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI JIHAN IBTISAM AL-USTADZI - 1903040007 - MHU.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang sedang memanas di lingkungan peneliti berkaitan dengan bagaimana KBIHU Nurussalam ini menumbuhkan kepercayaan yang telah buruk mengenai isu penipuan sehingga menimbulkan keraguan dan mengikis kepercayaan calon jama’ ah haji dan masyarakat. Adanya kasus yang menimpa KBIHU Nurussalam bermula pada dana jama’ ah pasangan sumai istri dari Desa Tri Sinar yang dibawa kabur oleh travel yang bekerja sama dengan KBIHU Nurussalam, menanggapi permasalahan yang ada KBIHU Nurussalam bertanggungjawab untuk mengganti dana jama’ ah pasangan suami istri yang telahdibawa kabur dengan sokongan antarstaff. Namun hal ini tidak direspon secara positif oleh kedua calon jama’ ah haji tersebut, dan kasus tersebut dibawa kepada pihak yang berwajib. Dalam hal ini, KBIHU Nurussalam terbukti tidak bersalah, sehingga kedua calon jama’ ah haji tersebut lebih memilih jalur damai dan mencoba mengikhlaskan uang mereka yang telah dibawa kabur travel yang tidak bertanggungjawab.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Pengelolaan KBIHU Nurussalam dalam Menumbuhkan Kepercayaan Calon Jama’ ah Haji (Studi kasus di KBIHU Nurussalam Sekampung Lampung Timur). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis untuk menganalisis mengenai manajemen pengelolaan KBIHU Nurussalam dalam menumbuhkan kepercayaan calon jama’ ah haji berdasarkan fungsi manajemen pengelolaan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menumbuhkan kepercayaan calon jama’ ah haji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan filed research meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam wawancara adalah teknik purposive sampling. Data dianalisis melalui analisa deskriptif yang bersifat induktif. Penelitian ini, menggunakan landasan teori tentang manajemen pengelolaan dan landasan teori tentang kepercayaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan KBIHU Nurussalam dalam menumbuhkan kepercayaan calon jama’ ah haji sudah baik dalam pelaksanaannya namun dalam menumbuhkan kepercayaan calon jama’ ah belum dilaksanakan secara maksimal. Meskipun faktor pendukung menjadi dorongan, faktor reputasi yang menjadi penghambat dalam menumbuhkan kepercayaan perlu diklarifikasi dan dibersihkan melalui media promosi sosial media. Rekomendasi yang diberikan adalah meningkatkan strategi dalam menumbuhkian kepercayaan calon jama’ ah haji di bidang informasi terutama melalui sosial media, dan semakin meningkatkan manajemen pengelolaan kualitas dan kuantitas SDM dalam membangun kerjasama internal KBIHU.

Kata Kunci: Manajemen Pengelolaan, Kepercayaan, KBIHU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:32
Last Modified: 24 Oct 2023 01:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item