Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo

Wulandari, Sefti (2023) Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SEFTI WULANDARI - 1903020053 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan yang semakin pesat dan produk serta jasa yang bersaing dalam satu pasar semakin beragam, oleh karena itu perusahaan harus memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi persaingan. Salah satunya adalah strategi segmentasi pasar yang harus diperhatikan perusahaan dalam pemasaran. Dengan adanya segmentasi membuat pasar lebih terarah dan lebih mudah memahami kebutuhan atau perilaku nasabah. Dengan begitu memudahkan dalam menyusun strategi marketing mix yang tepat untuk nasabah. Peneliti bertujuan untuk mengetahui strategi segmentasi pasar yang dilakukan BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah.

Peneliti memilih jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh pihak BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo dalam meningkatkan jumlah nasabah dengan menggunakan pendekatan segmentasi demografis dan psikografis. Setelah proses segmentasi pasar dilakukan pihak BPRS melakukan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Strategi yang paling unggul dalam menarik perhatian dan minat nasabah adalah strategi promosi. Strategi promosi yang dilakukan BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo dengan membagikan brosur, mengadakan sosialisasi, memanfaatkan media sosial dan mendatangi rumah ke rumah (door to door) sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan pembiayaan sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah.

Kata Kunci: Strategi, Segmentasi Pasar, Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:34
Last Modified: 24 Oct 2023 01:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8332

Actions (login required)

View Item View Item