Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak

Napisah, Eis Zuhrotun (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Eis Zuhrotun Napisah - 1901031026 - PGMI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN 1 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak, yaitu sebagian besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kurang maksimal mencapai KKM dari ketentuan yang ditetapkan yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran matematika karena ketidaktertarikannya terhadap matematika yang dianggap sulit dipahami, dan metode mengajar yang digunakan guru kurang efektif dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Siswo Bangun.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk desain Pre-Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (siswa kelas V SDN 1 Siswo Bangun) dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa, tes soal uraian berupa pretest dan posttest, dan dokumentasi selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan alat peraga PADI. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas data, uji Hipotesis (uji-t), dan uji N-Gain.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji hipotesis Paired Sample Test, diperoleh thitung = 9,436 dan ttabel = 1,734 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka thitung > ttabel atau p < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan alat peraga PADI terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan alat peraga PADI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak”.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Alat Peraga Padi, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:35
Last Modified: 24 Oct 2023 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item