Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 1 Lampung Timur

Safitri, Laela (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LAELA SAFITRI - 1901031035 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di MIN 1 Lampung Timur, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih jauh dari KKM yang di tetapkan yaitu ≥70. Berdasarkan observasi juga diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPS adalah peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran serta kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran di kelas.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran bermain peran (role playing) pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN 1 Lampung Timur. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Lampung Timur pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 23 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran IPS tema 7 subtema 2 pada siklus 1 adalah 60% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 20% menjadi 80%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasl belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasa Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS MIN 1 Lampung Timur.

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar dan Metode Pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:36
Last Modified: 24 Oct 2023 01:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item