Sari, Anita (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Usaha Ayam Geprek Di Kecamatan Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANITA SARI - 1903010011 - ESY.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan strategi yang dapat dilakukan dalam mewujudkan keinginan dan harapan sehingga akan terciptanya kepuasaan bagi konsumen. Jika kualitas pelayanan suatu unit usaha baik, maka minat konsumen untuk datang ke tempat tersebut akan meningkat. Minat beli konsumen yang tinggi akan membawa dampak positif bagi usaha bisnis untuk mencapai keberhasilan. Dalam berbisnis manusia diberi kebebasan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun manusia juga terikat dengan suatu etika sehingga tidak bebas mutlak dalam mengelola dan menggunakan sumber daya yang ada. Agama Islam mengajarkan kepada umatnya agar setiap tindakan bisnis yang dilakukan selalu berpedoman dengan etika bisnis islam.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam hal ini wawancara dilakukan dengan pemilik Ayam Geprek, karyawan dan beberapa konsumen.
Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, maka dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan Ayam Geprek Agan 24 dalam meningkatkan minat beli konsumen sebanyak 100% untuk minat transaksional, 50% untuk minat refrensial, dan 0% untuk minat preferensial. Kemudian kualitas pelayanan yang dilakukan Ayam Geprek 3 Saudara R.A.P dalam meningkatkan minat beli konsumen sebanyak 100% untuk minat transaksional, 40% untuk minat refrensial, dan 0% untuk minat preferensial. Sementara kualitas pelayanan ditinjau dari perspektif etika bisnis islam pada Ayam Geprek Agan 24 sudah sesuai dengan prinsip keseimbangan/keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan. Namun terdapat satu prinsip yang belum sesuai yaitu prinsip kesatuan/tauhid. Kemudian kualitas pelayanan ditinjau dari perspektif etika bisnis islam pada Ayam Geprek 3 Saudara R.A.P sudah sesuai dengan prinsip kehendak, tanggung jawab, dan ihsan. Namun pada prinsip keseimbangan/keadilan masih terdapat karyawan yang belum memenuhi seperti tidak melakukan senyum dan sapa kepada semua konsumen. Selain itu prinsip yang belum sesuai dengan etika bisnis islam yaitu kesatuan/tauhid.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8337 |
Actions (login required)
View Item |