Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran al-Quran dengan Metode Iqra pada Santri TPQ Darul Musthofa 12A Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah

Nuryanto, Aris (2023) Problematika Pembelajaran al-Quran dengan Metode Iqra pada Santri TPQ Darul Musthofa 12A Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Aris Nuryanto - Aris Nuryanto.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Metode iqro' adalah suatu metode membaca Al-Qur'an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Dalam belajar mengajar membaca Al-Qur'an di TPQ Darul Musthofa telah menggunakan metode Iqro'. Apabila TPQ Darul Musthofa telah menggunakan metode Iqro' sebagai metode belajar mengajar al-Qur'an, maka dalam waktu selambat-lambatnya 12 bulan santri mampu membaca Al-Qur'an. Akan tetapi kenyataan yang ada menunjukkan bahwa santri masih banyak yang terlambat pindah dari satu buku iqro' yang selanjutnya.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Al Qur'an dengan Metode Iqra‟ pada santri TPQ Darul Musthofa 12 A kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah? Bagaimana Problematika Pembelajaran Al Qur'an dengan Metode Iqra‟ pada santri TPQ Darul Musthofa 12 A kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah? Bagaimana solusi dari Problematika Pembelajaran Al Qur'an dengan Metode Iqra' pada santri TPQ Darul Musthofa 12 A kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri TPQ Darul Musthofa, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data ustadz dan santri .
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, data display, kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa problematika belajar mengajar membaca al-qur'an dengan menggunakan metode iqro' di antaranya problematika pada penyampaian materi yang kurang jelas, kurangnya kesungguhan santri dalam belajar, kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua. Materi yang banyak, metode yang kurang bervariasi, Dan kurangnya sarana prasarana di TPQ Darul Musthofa juga menjadi problematika tersendiri, mulai dari buku penunjang dan jumlah kelas yang terbatas sehingga tidak sesuai dengan jumlah santri yang ada. Solusi belajar mengajar membaca al-qur'an dengan menggunakan metode iqro' di TPQ Darul Musthofa adalah memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam membaca al-Qurannya sehingga dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh sekolah; mengadakan pertemuan dengan orang tua peserta didik guna memberikan perhatiannya agar dapat membantu peserta didik dalam mengingat dan membaca hurufnya ketika berada di rumah; memerintahkan untuk muroja'ah bacaan Alquran atau jilidnya di rumah; mengulang halaman yang belum lancar; memberikan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:50
Last Modified: 04 Oct 2023 00:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item View Item