Ferdian, Dika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Telogorejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
DIKA FERDIAN.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil
belajar siswa kelas IV SDN 1 Telogorejo. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, yaitu kurang optimalnya antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan kurangnya keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Pada aspek penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah menggunakan model pembelajaran ceramah sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain One Group Pretest Postest.q. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar tematik. Hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri 1 Telogorejo pada ranah kognitif memeroleh hasil yang baik dibuktikan dengan perolehan nilai uji t adalah 5,182. Bila dibandingkan dengan tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka 2,101, maka dapat dilihat bahwa hasil thitung Posttest lebih besar dibandingkan tabel, yaitu (thitung) 5,182>2,101 (ttabel) dan signifikan 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran PBL yang diterapkan dapat dinyatakan bahwa didalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN 1 Telogorejo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar, Pembelajaran
Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:05 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8346 |
Actions (login required)
View Item |