Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Peserta Didik di SMP Negeri 26 Tulang Bawang Barat

Cipto, Diki Ustadi (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Peserta Didik di SMP Negeri 26 Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Diki Ustadi Cipto.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam mengembangkan minat dan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik, sebagai materi pokok yangm harus diajarkan pada siswa muslim di Sekolah. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Quran dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas, dan di luar kelas. Dalam pembelajaran di kelas, guru PAI dapat mengajarkan materi PAI terutama materi yang terkait dengan ayat-ayat Al-Quran. Sedangkan di luar kelas, upaya guru PAI dapat diwujudkan dalam bentuk bimbingan membaca dan memberi tugas menghafal surah-surah pendek di luar jam pelajaran. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SMP Negeri 26 Tulang Bawang Barat? Apa Saja Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Minat Baca Al- Quran pada peserta didik di SMP Negeri 26 Tulang Bawang Barat? Alat pengumpul data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display, dan conclusion/verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengembangkan minat membaca Al-Quran peserta didik SMP Negeri 26
Tulang Bawang Barat dilakukan dengan memberi motivasi dan bimbingan
membaca Al-Quran, memberi tugas membaca Al-Quran di rumah dan menghafal surah-surah. Dan guru menjelaskan keutamaan dan manfaat membaca Al-Quran, memberi reward hadiah dan pujian kepada siswa yang rajin dan lancar membaca Al-Quran. Faktor yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam yaitu faktor Internal dan Eksternal. Saran yang dapat ditindak lanjuti agar kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam merumuskan dan melaksanakan program yang mendukung pengembangan minat siswa dalam membaca Al-Quran, dengan memasukan pembelajaran membaca Al-Quran dalam struktur kurikulum SMPN 2 Tumijajar. Saran untuk siswa agar meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran, dengan menambah frekuensi membaca Al-Quran secara teratur agar tercapai target pencapaian membaca Al-Quran.
Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:25
Last Modified: 20 Oct 2023 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item View Item