Ummah, Diyah Nur (2023) Pengembangan Video Animasi 3D Berbasis Kontekstual dengan Book Creator Pada Pokok Bahasan Himpunan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Diyah Nur Ummah.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan video animasi 3D berbasis kontekstual dengan book creator dilatarbelakangi oleh penggunaan fasilitas sekolah seperti proyektor dan laboratorium komputer yang belum digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video animasi 3D berbasis kontekstual dengan book creator pada pokok bahasan himpunan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pendekatan 4D. Tahap define meliputi analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi penyusunan tes acuan patokan, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap development yaitu menghasilkan produk sekaligus uji validitas dan uji coba. Tahap disseminate yaitu melakukan penyebaran hasil penelitian dan pengembangan. Adapun kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitasan. Lembar validasi ahli digunakan untuk mengetahi tingkat kevalidan, angket respon guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan, dan soal post-test digunakan untuk
mengetahui keefektivitasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa video animasi 3D berbasis kontekstual dengan book creator mencapai kriteria kevalidan yang dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan persentase 91% mencapai kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media dengan persentase 80% mencapai kriteria valid, dan hasil validasi isi soal post-test dengan persentase 72% mencapai kriteria valid. Hasil angket respon guru dengan persentase 91% mencapai kriteria sangat praktis dan hasil respon siswa dengan persentase 94% mencapai kriteria sangat praktis. Hasil skor jawaban siswa menunjukan bahwa terdapat 22 siswa memenuhi KKM dengan persentase 90,9% dan 2 siswa tidak memenuhi KKM dengan persentase 9,1%. Hasil skor keseluruhan yaitu 1343 dengan persentase 87% menunjukan bahwa video animasi 3D berbasis kontekstual dengan book creator efektif. Berdasarkan hasil penelitian video animasi 3D berbasis kontekstual dengan book creator yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Video animasi 3D, Kontekstual, Book Creator
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8349 |
Actions (login required)
View Item |