Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Objek Wisata Wanaba dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus Wisata Wanaba Di Sukadana Lampung Timur)

Sari, Dwi Ambar (2023) Strategi Pengembangan Objek Wisata Wanaba dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus Wisata Wanaba Di Sukadana Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Dwi Ambar sari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Strategi pengembangan pariwisata adalah suatu usaha untuk mengembangkan atau memajukan objek wisata agar objek wisata tersebut lebih baik dan lebih menarik ditinjau dari segi tempat maupun benda-benda yang ada didalamnya untuk dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Pengembangan pariwisata dalam etika bisnis Islam adalah pengembangan suatu objek wisata dengan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Objek wisata Wanaba merupakan tempat wisata yang memanfaatkan pinggiran bendungan yang diresmikan pada akhir tahun 2020. berdasarkan data pengunjung, setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu

kurangnya pemeliharaan fasilitas serta kebersihan diobjek wisata wanaba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
pengembangan objek wisata wanaba dalam meningkatkan jumlah pengunjung
ditinjau dari etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan
(Field Research) dan sifat penelitiannya deskriptif kualitatif. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis dengan berfikir induktif melalui 3 tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan objek wisata yang dilakukan oleh pengelola untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan melakukan strategi pengelolaan yang baik yaitu melakukan perawatan lokasi, pengembangan pada sarana dan prasarana, memberikan pelayanan yang memuaskan pengunjung, melakukan promosi dimedia sosial, dan melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan mengikuti acara seminar. Untuk penerapan etika bisnis Islam terkhusus pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam, dalam melakukan pengembangan objek wisata Wanaba pengelola belum semua menerapkan prinsip etika bisnis Islam dimana pengelola belum menerapkan prinsip kesatuan (tauhid) dan belum sepenuhnya menerapkan prinsip tanggung jawab, namun sudah menerapkan 3 prinsip etika bisnis Islam yaitu kehendak bebas, kejujuran, dan keseimbangan.
Kata kunci: strategi pengembangan pariwisata, etika bisnis islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:05
Last Modified: 29 Sep 2023 03:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item