Sekar, Dwi Ambar (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Ditinjau dari Marketing Syariah (Studi Kasus Objek Wisata Way Negara Batin (Wanaba) Di Sukadana Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dwi Ambar Sekar 1903011039.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran dirancang untuk memberitahukan kepada konsumen tentang suatu produk, jasa atau tempat yang ditawarkan. Dalam kegiatannya, agama Islam telah memberikan petunjuk bahwa dalam melakukan komunikasi pemasaran maka komunikasi yang dilakukan haruslah sesuai dengan aturan yang sudah diatur oleh Islam salah satunya yaitu dengan mengatakan perkataan yang jujur. Objek wisata Wanaba merupakan tempat wisata yang memanfaatkan pinggiran bendungan untuk dijadikan tempat wisata, tempat wisata ini diresmikan pada tanggal 28 Desember 2020. Permasalahan yang ditemui dilapangan adalah dalam melakukan promosi dimedia sosial pengelola masih kurang aktif dalam me-repost foto/gambar kondisi saat ini bahkan ada beberapa spot foto yang ada dimedia sosial tetapi sudah tidak ada lagi dilokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan minat pengunjung diobjek wisata Way Negara Batin (Wanaba) dan analisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan minat pengunjung ditinjau dari Marketing Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan teknik induktif dengan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pengelola objek wisata Wanaba adalah dengan menggunakan bauran promosi yaitu periklanan. Media periklanan yang digunakan oleh pengelola adalah dengan memanfaatkan media sosial yaitu Facebook, Instagram, Youtube dan Google. Selain itu, pengelola objek wisata Wanaba memasang petunjuk jalan menuju tempat wisata. Dalam penerapan Marketing Syariah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola belum sepenuhnya menerapkan Marketing Syariah yaitu belum menerapkan karakteristik Realistis (Al-Waqiyyah) karena dalam melakukan promosi dimedia sosial masih mengandung unsur penipuan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Objek wisata, Marketing Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8351 |
Actions (login required)
View Item |