Cahyani, Dwi Cici (2023) Upaya Guru dalam Peningkatan Kualitas pembelajaran Fiqh Di MTs Ma’arif Nu 04 Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dwi Cici Cahyani.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Upaya guru merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat tercapainya tujuan dari lembaga pendidikan tersebut. Guru sangat menentukan keberhasilan siswa, terutama kaitannya dengan proses belajar mengajar dan membentuk kompetensi siswa menjadi lebih baik. Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik- buruknya hasil dan pemahaman yang dicapai oleh siswa setelah kegiatan pembelajaran dilakukan. Namun saat ini proses belajar mengajar Fiqh di kelas dipandang kurang efektif, sehingga sebagian siswa masih kurang antusias dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan guru serta sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing.
Maka dalam hal ini guru Fiqh dituntut untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqh. Oleh karena itu Peneliti melakukan penelitian mengenai Bagaimana upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan Lampung Timur?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan Lampung Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, sumber datanya adalah Guru Fiqih dan Siswa sebagai data primer (data utama) dan Kepala Sekolah sebagai data sekunder (data pelengkap). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Fiqih dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqih sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru Fiqh dalam peningkatan kualitas pembelajaran, adapun hal-hal yang telah dilaksanakan oleh guru Fiqh dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh antara lain: (1) meniatkan diri untuk memberikan ilmu dengan penuh cinta dan keikhlasan, (2) memperbaiki strategi pembelajaran, (3) memiliki kreativitas dan profesionalitas yang tinggi.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kualitas Pembelajaran, Fiqh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 08:18 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8353 |
Actions (login required)
View Item |