Ramadani, Henny (2023) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HENNY RAMADANI - 1801052011 - Henny Ramadani.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil prasurvey yang dilaksanakan pada Senin, 08 Agustus 2022 bahwa hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran tematik masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan nilai siswa belum mencapai
KKM yang telah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode konvensional berupa ceramah dan belum divariasi dengan metode lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu tiap pertemuannya yaitu 2x35 menit. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti hanya bertindak sebagai observer atau pengamat, sedangkan yang berperan sebagai pemberi tindakan yaitu Bapak Hakim, S.Pd.I selaku guru kelas IVA di MIN 3
Lampung Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA MIN 3 Lampung Timur yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan pada pembelajaran tema 7 subtema 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IVA MIN 3 Lampung Timur pada tema 7 subtema 3 setelah menggunakan model cooperative learning tipe talking stick. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66|% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 17% sehingga menjadi 83%. Tindakan penelitian diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai target ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh peneliti yakni perolehan nilai di atas KKM mencapai ketuntasan 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 kelas IVA di MIN 3 Lampung TIMUR.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8356 |
Actions (login required)
View Item |