Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Nu Metro

Kurniawati, Ella (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Nu Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Ella Kurniawati NPM.1901030014.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian guru yang masih menggukan metode pembelajaran konvesional tanpa diselingi dengan metode pembelajaran lain. Penggunakan metode ceramah secara terus-menerus dirasa kurang efektif yang dimana siswa kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ada maka diperlukan metode yang menarik supaya siswa lebih aktif sehingga hasil belajar siswa dapat tercukupi terutama pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang masalah peneliti mencari bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan cara menggunakan metode pembelajaran Eksperimen (Percobaan) pada kelas VA SD NU Metro.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen sedangkan pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian eksperimenm (Quasi Eksperimen design). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes yang diberikan sebelum kegiatan belajar (pre-tes) dan sesudah kegiatan belajar ( post- tes). Sedangkan teknik analisis data yakni uji normalitas data (uji liliefors) uji homogenitas (uji fisher), uji hipotesis (uji-t) dan koefisiensi keragaman (KK).

Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh metode pembelajaran Eksperimen terhadap hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA materi (Materi, Zat Tunggal dan Zat Campuran). Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t taraf signifikan 0.05 maka diperoleh Thitung = 11,4 lebih besar dari pada Ttabel 1,67866. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan nilai pos-tes kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Eksperimen diketahui nilai rata-rata 68,3 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post tes kelas kontrol yakni 57,08.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:00
Last Modified: 04 Oct 2023 08:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item