Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Geprek Yuyun Kota Metro

Sari, Erma (2023) Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Geprek Yuyun Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ERMA SARI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis kuliner seperti Geprek Yuyun Kota Metro. Banyak usaha- usaha sejenis yang bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Agar konsumen merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumenya. Kepuasan konsumen dapat diciptakan melalui harga, lokasi dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara persial maupun simultan.

Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner terhadap 100 konsumen Geprek Yuyun Kota Metro yang diperoleh dengan
menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda,dan uji hipotesis, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 4.655 > ttabel 1,985, pengaruh tersebut sebesar 23%. Lokasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 2,460 > ttabel 1,985, pengaruh tersebut sebesar 8,2%. Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 10.354 > ttabel 1,985, pengaruh tersebut sebesar 68%. Dan secara simultan terdapat pengaruh antara harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung 3913,065 > Ftabel 2,70, pengaruh tersebut sebesar 99,2%. Sedangkan sisanya, yaitu 0,08% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:58
Last Modified: 29 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item