Latifah, Eva (2023) Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Kelas Xi MA Darul A’mal Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Eva Latifah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Dewasa ini ada sesuatu yang memprihatinkan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Proses pendidikan ternyata belum berhasil membangun manusia
Indonesia yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Quran kelas XI MA Darul A‟mal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Angket, dan wawancara. Teknik analisis data diperoleh berdasarkan dengan pedoman skala likert. Untuk data yang telah diperoleh baik data angket minat atau pun hasil belajar digolongan ke dalam 5 kriteria yang telah ditentukan yaitu; Sangat setuju,setuju, kurang setuju , tidak setuju, dan sangat tidak setuju.
Hasil penelitian yang telah diperoleh selama melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi dan sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an masuk kategori setuju. Persepsi dan sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an kelas XI MA Darul A‟mal Kota Metro, pada kisi-kisi Persepsi siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al Qur‟an dengan rata-rata 67,74% dalam kategori setuju. Persepsi dan sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an kelas XI MA Darul A‟mal Kota Metro, pada kisi-kisi sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an dengan rata-rata 79,82% dalam kategori setuju. Persepsi dan sikap siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an kelas XI MA Darul A‟mal Kota Metro, pada rekapitulasi seluruh indikator mendapat rata-rata 73,78% dalam kategori setuju.
Kata Kunci: Persepsi dan sikap siswa, pembelajaran biologi berbasis Al-Qur‟an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 07:56 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8363 |
Actions (login required)
View Item |