Marlina, Fia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Segiempat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
FIA MARLINA.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Guru dalam menyampaikan materi pelajaran matematika yang berlangsung di SMP Sunan Ampel Punggur berpedoman pada buku paket, LKS, buku pegangan MGMP dan belum menggunakan media pembelajaran. Selain itu, peserta didik juga kurang minat dalam pembelajaran matematika. Sebagian besar peserta didik kelas VIII di SMP Sunan Ampel Punggur tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan peserta didik memandang bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, kesulitan dalam berhitung, selalu berkaitan dengan rumus-rumus, pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Sehingga diperlukan pembelajaran matematika yang menarik dan lebih berkreasi dengan bantuan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline yang valid dan praktis pada pokok bahasan segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) atau biasa dikenal dengan istilah R&D dengan prosedur pengembangan mengacu pada modifikasi salah satu model R&D yaitu model pengembangan 4D yang meliputi 4 tahapan utama yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Uji coba pada penelitian ini dilakukan pada 30 siswa kelas VIII di SMP Sunan Ampel Punggur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline pada materi segiempat diperoleh persentase nilai rata rata dari kedua validator ahli materi sebesar 85% dengan kriteria “Sangat Valid”. (2) Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline pada materi segiempat diperoleh persentase hasil keseluruhan skor yang diberikan oleh ahli media sebesar 83% dengan kriteria “Sangat Valid”. (3) Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8367 |
Actions (login required)
View Item |