Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Jahe Instan di Desa Tejo Agung Kecamatan Metro Timur

Oktavianti, Ferly (2023) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Jahe Instan di Desa Tejo Agung Kecamatan Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FERLY OKTAVIANTI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Usaha home industry dengan produk jahe instan Alprin di desa Tejo Agung memiliki strategi pemasaran belum mengarah pada penjualan per sachet, tetapi melalui penjualan per kotak. Namun demikian merek (brand) produk belum memberi kesan yang kuat terhadap citra produk dari segi kualitas, keamanan ketika dikonsumsi, dan segmentasi pasar yang ditujukan untuk konsumen lokal. Hal ini menunjukkan ekuitas merek secara tidak langsung berhubungan dengan minat beli konsumen. Ekuitas merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa sedangkan minat beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji hipotesis adakah pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada jahe instan di Desa Tejo Agung Kecamatan Metro Timur dan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli konsumen pada jahe instan di Desa Tejo Agung Kecamatan Metro Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X (Ekuitas Merek) terhadap Y (Minat Beli). Dalam penelitian ini yang menjadi populasinya adalah Konsumen Jahe Instan Alprin dengan sampel penelitian berjumlah 56 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh ekuisitas merek terhadap minat beli konsumen pada jahe instan merek Alprin di Desa Tejo Agung Kecamatan Metro Timur. dan besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,688. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Ha) dapat diterima dan (H0) di tolak berarti. Besarnya koefisien determinasi atau Adjusted R Square adalah sebesar 0,688. Besarnya angka koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah 0,688 atau sama dengan 68,8%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Ekuitas Merek (X) berpengaruh terhadap variabel Minat Beli (Y) sebesar 68,8%. Sedangkan sisanya (100% - 68,8% = 31,2%) dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Ekuitas Merk, Minat Beli, Jahe Instan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Oct 2023 09:07
Last Modified: 02 Oct 2023 09:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item