Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA Subtema Tubuh Manusia

Kusna, Awalul (2023) Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA Subtema Tubuh Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AWALUL KUSNA 1901032006 - Awalul Husna.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Upaya agar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran salah satunya yaitu dengan membuat bahan ajar yang menarik. Ada berbagai macam bahan ajar yang menarik menarik untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas seperti bahan ajar
cetak yang meliputi handout, buku, modul, lembar kerja siswa (LKS), brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, dan dan model/maket. Rencana pengembangan LKS ini akan disajikan dalam bentuk yang didalamnya berisi gambar, karena jika
berisi gambar siswa akan berperan aktif, mandiri, bertanggung jawab, menemukan informasi, serta dapat melakukan percobaan eksperimen untuk memperkuat pengetahuan siswa dalam materi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan , menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon pendidik dan peserta didik terhadap berbasis kontekstual pada materi organ tubuh manusia peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Timur. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan wawancara, dokumentasi, angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan analisis kelayakan media, analisis respon guru dan peserta didik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA subtema tubuh manusia kelas V SD sebagai media pembelajaran peserta didik kelas V sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase hasil validasi dan uji coba produk. Hasil
persentase yang diperoleh masing-masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 96,6%, ahli materi sebesar 92,5%, respons guru sebesar 95%, respons peserta didik sebesar 90%, dan semua hasil termasuk kategori “Sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:00
Last Modified: 03 Oct 2023 07:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item