Meladia, Luluk (2023) Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas 5 SDN 1 Sri Basuki. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI_REVISI_MUNAQOSAH_LULU (1) - Luluk Meladia.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan kognitif yang dilihat dari hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN 1 Sri Basuki. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa pembelajaran kurang menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik, guru hanya menggunakan beberapa metode seperti ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dalam pembelajaran. Kreatifitas guru kurang menarik perhatian siswa, karena pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Dalam pelaksanaanya guru belum menguasai bahan dan metode pengajaran sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif yang diperoleh dari hasil belajar ranah .
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa dan objeknya adalah pembelajaran PKn. Metode pengumpulan data dilakukan melaluiobservasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn. Peningkatan hasil belajar PKn dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata presentase pada siklus I 42% dan meningkat sebanyak 41% dari data awal. Pada siklus II presentase sebesar 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8374 |
Actions (login required)
View Item |