Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode CTL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN di Kelas V SDN 17 Way Serdang

Hanifah, Husnun (2023) Pengaruh Metode CTL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN di Kelas V SDN 17 Way Serdang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HUSNUN HANIFAH_ 1901032018 - Husnun Hanifah.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Pendidikan merupakan usaha dasar yang terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan menjadi ujung tombak bangsa Indonesia untuk dapat memajukan kecerdasan kehidupan bangsa, dengan bangsa yang cerdas negara akan maju dan tidak akan tertinggal. Karena kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas sistem pendidikan yang ada. Seperti yang diungkapkan supadi dalam bukunya bahwa pendidikan yang berkualitas akan melahirkan anak bangsa yang cerdas, dan akan melahirkan bangsa yang cerdas, dan mengantarkan bangsa yang cerdas menjadi negara yang bermartabat.

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu metode CTL sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn sebagai variabel terikat yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri 17 Way Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre- eksperimen, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling (Sampling Non probabilitas) artinya peneliti terlibat langsung dalam kegiatan penelitian tersebut dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, lembar observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Kemudian, teknis analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu “Pembelajaran PKn dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 17 Way Serdang.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:01
Last Modified: 04 Oct 2023 01:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item