Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Permainan Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Riyadlatul Ulum TA 2022/2023

Ningsih, Fitria Hestia (2023) Efektivitas Penggunaan Metode Permainan Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Riyadlatul Ulum TA 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
1901021007 FITRIA HESTIA NINGSIH SKRIPSI 1 - Fitria Hestia Ningsih.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pembelajaran bahasa Arab adalah kegiatan yang mempelajari bahasa Arab dengan suatu tujuan dan sistem pembelajaran yang bertujuan untuk pencapaian pembelajaran dengan baik dan tepat sasaran. Guru dalam pembelajaran sangat dituntut agar mampu menjadikan proses pembelajaran itu berlangsung secara kondusif. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode permainan ice breaking. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis untuk melakukan penelitian ini, dengan pertanyaan penelitian: Bagaimana efektivitas penggunaan metode permainan ice breaking dalam pembelajaran
bahasa Arab kelas VII MTs Riyadlatul Ulum TA 2022/2023?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode permainan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Riyadlatul Ulum TA 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan,model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan dara penelitian ini, yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan metode permainan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Riyadlatul Ulum kelas VII TA 2022/2023 sudah dilakukan cukup baik dan dinilai cukup efektif. Hal tersebut terbukti dilihat dari pembelajaran lebih menarik, mudah dipahami, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan sikap sikap siswa pun berubah menjadi senang, semangat dan antusias dalam proses pembelajaran, menambah pemahaman siswa yang tertuang dalam nilai hasil ulangan harian, serta siswa sudah mampu menyebutkan kembali pembelajaran dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:53
Last Modified: 04 Oct 2023 00:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8377

Actions (login required)

View Item View Item