Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Dalam Melakukan Transaksi (Studi Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Angkatan 2019 IAIN Metro Yang Memiliki Usaha)

Hakim, Annisa (2023) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Dalam Melakukan Transaksi (Studi Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Angkatan 2019 IAIN Metro Yang Memiliki Usaha). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Annisa Hakim.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang menggunakan sistem bagi hasil antara penabung (kreditur), peminjam (debitur) dan bank dalam perhitungan biaya dan pendapatan. Sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya muslim, warga negara Indonesia justru lebih dominan dengan sistem konvensional yang menggunakan riba sebagai alat untuk mencari keuntungan, padahal dalam islam riba sangatlah dilarang. IAIN Metro merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dimana fakultas ini menaungi beberapa prodi salah satunya Perbankan Syariah. Mahasiswa Perbankan Syariah yang sudah mempelajari terkait sistem perbankan baik konvensional maupun syariah tentu bisa memilih sistem perbankan yang sesuai dengan syariat, akan tetapi masih ada mahasiswa perbankan syariah yang belum berkecimpung dengan sistem perbankan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat mahasiswa menggunakan jasa perbankan
syariah dalam melakukan transaksi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan cara berpikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat mahasiswa menggunakan bank syariah yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan fator marketing mix. Dari ke-4 faktor tersebut yang paling berpengaruh adalah faktor sosial, dikarenakan lokasi bank syariah yang jauh dari daerah tempat tinggal dan anggota keluarga yang masih menggunakan bank konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:37
Last Modified: 04 Oct 2023 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item