Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 5 SD negeri 2 Sritejokencono

Azzizah, Umi Ainun (2023) Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 5 SD negeri 2 Sritejokencono. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI UMI AINUN AZZIZAH - Umi Ainun Azzizah.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra survey peneliti, pada hasil belajar semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2022/2023 terdapat beberapa peserta didik yang belum tuntas karena variasi gaya mengajar yang kurang menunjang keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan keadaan peserta didiknya. Dari hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Strategi Mind Mapping dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Sritejokencono?”Terkait masalah tersebut, peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi mind mapping pada sub pokok pembelajaraan rukun iman. Pada proses pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan adalah 2 x 35 menit, kemudian tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 18. Untuk teknik pengumpulan data dianalisis secara deksriptif kualitatif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping siswa kelas V SD Negeri 2 Sritejokencono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah ditemukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan strategi mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam SD Negeri 2 Sritejokencono kelas V, hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 75,8% dan pada siklus II yaitu 100% artinya terdapat peningkatan 24,2 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:50
Last Modified: 24 Oct 2023 01:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8393

Actions (login required)

View Item View Item