Handayani, Indah Fitri (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Indah Fitrihandayani.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Dalam wawancara dengan guru di jelaskan bahwa banyak siswa yang kurang sopan terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam membina akhlak siswa, metode yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak terhadap siswa, untuk mengetahui strategi apa yang guru gunakan dalam membina akhlak siswa, untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan tekhnik wawancara, observasi. Peneliti ini mengunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membentuk akhlak siswa.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan serta pembahasan dan analisis maka dapat diambil kesimpulan bahwa dari hasil penelitian menyatakan bahwa peran guru dalam membentuk akhlak siswa di SMK Ma‘arif Nu 1 Purbolinggo, yaitu Peran guru sebagai pendidik, yakni mendidik siswanya. Peran guru dalam membimbing, dengan melakukan keteladanan, mengajarkan bagaimana berprilaku sopan, dan bersikap jujur. Peran guru sebagai motivator, guru memberikan petunjuk, nasihat, motivasi, kepada siswa. pertama, guru memilih metode, keteladanan, pembiasaan dan arahan/bimbingan, pemberian motivasi. Kedua, metode yang digunakan guru dalam membentuk akhlak siswa supaya siswa bisa bersikap sopan santun, jujur, dan berakhlakul karimah terhadap guru, yaitu guru menggunakan metode keteladanan, Ketiga, setrategi yang digunakan yaitu melakukan pendekatan dengan siswa, dimana siswa memiliki karakter yang berbeda-beda dan latar belakang yang berbeda-beda pula. Keempat Faktor pendukungnya adalah dalam membentuk akhlak siswa yaitu guru yang mengajarkan anak untuk mengaji, dan shalat dzuhur berjamaah, dengan mengajarkan anak hal tersebut akan membuat akhlak semakin meningkat. Kelima Faktor penghambatnya adalah faktor eksternal yaitu faktor dari luar lingkungan, pergaulan teman sebaya yang kurang baik, dan adanya media social yang berlebihan tanpa bimbingan dari orang tua, latar belangakang dari keluarga yang broken home.
Kata Kunci: Peran Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 08:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8397 |
Actions (login required)
View Item |