Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VI di SDN 1 Marga Mulya

Dewi, Irma Kusuma (2023) Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VI di SDN 1 Marga Mulya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKIPSI IRMA KUSUMA DEWI 1801050027 - Irma Kusuma Dewi.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VI SD N1 Marga Mulya adalah disebabkan karena penggunaan metode yang digunakan guru masih konvensional sehingga siswa tidak terlibat secara aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Talking Stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD N 1 Marga Mulya tahun pelajaran 2022/2023.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Peneliti melaksanakan penelitian di SD N1 Marga Mulya, Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Subjek yang pada penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD N 1 Marga Mulya yang berjumlah 15 siswa,8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu Analisis Kuantitatif dan Analisis Kualitatif. Pengumpulan data dalam metode Talking Stick ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Talking Stick. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 87%. Atau mengalami peningkatan sebesar 27%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dan siklus II 82%, mengalami peningkatan sebesar 11%. Penerapan metode Talking Stick ditunjukan dengan rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 78% dan siklus II sebesar 83%. Atau mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 5%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Talking Stick meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VI SD N1 Marga Mulya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:52
Last Modified: 17 Oct 2023 03:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item