Kurniawan, Muchlis (2019) Implementasi Kitab Hidaayatul Mustafiid untuk Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Pondok Pesantren Daarul ‘Ulya Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MUCHLIS KURNIAWAN NPM. 14114811.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang berisi firman-firman Allah swt, yang di wahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad dan membacanya bernilai ibadah. Umat islam dituntut untuk belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.ilmu yang mempelajari hukum bacaan dalam Al-Qur’an dan tata cara membaca yang baik dan benar adalah ilmu tajwid. ilmu ini wajib dipelajari oleh setiap Umat Islamkarena alloah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Muzammil (73): 4 yang artinya bacalah Al-Qur’an dengan tartil.Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dalam proses belajar mengajar baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan dengan baik. Pondok pesantren Daarul ‘Ulyadalam mengajarkan ilmu tajwid menggunkan Kitab Hidaayatul Mustafiid. Hasil Prasurvey yang dilakukan di Pondok PesantrenDaarul ‘Ulya sebagian besar santri dalam membaca Al-Qur’an sudah lancar akan tetapi masih ada beberapa santri yang belum memahami kaidah-kaidah ilmu tajwidmisalnya lafadz yang seharusnya dibaca di baca jelas tetapi di baca dengung, yang seharusnya dibaca qalqalah tetapi tidak di baca qalqalah, yang seharusnya dibaca panjang tetapi dibaca pendek, terdapat kesenjangan antara teori yang terkandung dalamKitab Hidaayatul Mustafiidterhadap pemahaman santridalam memberi alasan terkait menentukan hukum.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Ustadz dalam memberikan pengajaran kitab Hidaayatul Mustafiidsudah dilaksanakn dengan baik untuk mengetahui Implementasi Kitab Hidaayatul Mustafiid untukmeningkatkan penguasaan ilmu tajwid santri. Teknik pengumpulan data Penelitian dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dan pengamatan (observasi) serta dokumentasi untuk mendapatkan data tentang ustadzahserta santri dalam proses pembelajaran Kitab Hidaayatul Mustafiid, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deduktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaran yag dilakukan oleh Ustadzahdan Santri sudah baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal, dari proses tersebut membuahkan hasil yang baik terbukti ketika santri yang sudah mengaji Kitab Hidaayatul Mustafiiddiberikan beberapa tes soal dan praktik membacaAl-Qur’an sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan santri dalam penguasaan ilmu tajwid dari 26santri sudah menguasaiilmu tajwid dengan kategori, 54% santri memperoleh nilai sangat baik, 35% santri memperoleh nilai baikdan 11% santri memperolehnilai cukup Dengan demikian proses pembelajaran Kitab Hidaayatul Mustafiidsudah berjalan dengan baik untukmeningkatkan penguasaan Ilmu Tajwid pada Santri Pondok Pesantren Daarul ‘Ulya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 06:08 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 06:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/841 |
Actions (login required)
View Item |