Rahmawati, Meilenia (2023) Pengembangan Bio-Magazine Pengolahan Limbah Berbasis Socio-Eco-Techno-Preneurship sebagai Bahan Ajar Siswa SMA/MA kelas X. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MEILENIA RAHMAWATI - Meilenia Rahmawati.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara terbesar penduduknya, maka menjadi alasan Indonesia memproduksi sampah dalam jumlah yang tinggi. Pemerintah diharapkan mampu berkoordinasi dengan industri dan masyarakat luas menekan angka produksi sampah dan mengatasi secara keseluruhan. Generasi muda termasuk para siswa perlu diberikan pemahaman mengenai pengolahan limbah. Harapannya mereka sebagai generasi penerus yang akan membawa perubahan dan ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Diperlukan bahan ajar yang mampu membantu siswa agar lebih mudah memahami materi dan membuat siswa aktif melalui bahan ajar yang menarik, sehingga dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil prasurvey terhadap guru dan
siswa di MA Ma’arif NU 5 Sekampung bahwa siswa perlu dan membutuhkan memahami materi pengolahan limbah. Salah satu bahan ajar yang bisa mendukung dan membantu proses belajar adalah bahan ajar berupa visual seperti majalah (bio-magazine).
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan dan menganalisis respon guru serta siswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini yaitu satu orang guru biologi dan 15 orang siswa kelas XI MIA di MA Ma’arif NU 5 Sekampung yang telah mempelajari materi pengolahan limbah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Pengembangan produk bio-magazine pengolahan limbah berbasis socio-eco-techno-preneurship sebagai bahan ajar dalam bentuk edisi cetak. Diperoleh nilai validasi produk oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,25% atau memenuhi kriteria kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli bahan ajar diperoleh persentase sebesar 95% termasuk kategori “sangat layak”.
Hasil respon guru biologi diperoleh persentase sebesar 91,67% termasuk kategori “sangat layak”. Hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 86% termasuk kategori “sangat layak”. Hasil akhir penilaian kelayakan diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 90,98%, sehingga disimpulkan bahwa produk bio-magazine pengolahan limbah berbasis socio-eco-techno-preneurship yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8415 |
Actions (login required)
View Item |