Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MIN 3 Tegal Mukti Way Kanan

Lusiana, Eva (2023) Peran Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MIN 3 Tegal Mukti Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
BAB 1-5 EVA (2) baru (1) - Eva Lusiana.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan sikap yang menunjukan kesadaran untuk ketaatan dan mentaati peraturan, norma dan nilai yang berlaku. Permasalahan yang kerap terjadi dalam kedisplinan peserta didik misalnya peserta didik tidak mengikuti peraturan yang berlaku disekolah. Dalam kondisi ini guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Maka tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk kedisiplinan peserta didik.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini yaitu kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai peran guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik pada MIN 3 Tegal Mukti Way Kanan yaitu : 1) Peran guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik pada MIN 3 Tegal Mukti Way Kanan yaitu : a) Guru sebagai Model dan teladan, b) Guru sebagai demonstrator, c) Guru sebagai pengelola kelas, d) Guru sebagai mediator dan vasilitator, e) Guru sebagai evaluator.

Dalam peran tersebut maka mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik meliputi a) Disiplin waktu, b) Disiplin belajar, c) Disiplin berpakaian, d) Disiplin beribadah dan e) Disiplin dalam bersikap. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik yaitu : a) faktor peserta didik, b) Faktor pendidik dan c) Faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:10
Last Modified: 17 Oct 2023 03:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item