Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 3 Banjar Agung

Istiqomah, Lilik (2023) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 3 Banjar Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LILIK ISTIQOMAH.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama adalah sulitnya memahami materi pelajaran. Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada siswa untuk belajar memecahkan masalah dalam topik tertentu untuk belajar berpikir kritis tentang topik tersebut dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar bisa diartikan menjadi hasil maksimum yang sudah dicapai oleh seorang siswa setelah mengalami proses belajar mengajar pada dalam mempelajari materi pelajaran tertentu.

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Ipa dilatarbelakangi oleh Saat belajar banyak siswa yang cenderung tidak fokus sehingga mengakibatkan belajar kurang maksimal, hasil belajar siswa tidak memuaskan dan cenderung menurun, Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, Kegiatan pembelajaran difokuskan pada guru, Selama proses pembelajaran guru menguasai metode ceramah, sehingga siswa mudah bosan dan pembelajaran menjadi kurang menarik, Selama belajar tidak mendapatkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Guru juga menjelaskan bahwa belum pernah menerapkan model problem based learning dengan berbantuan media audio visual. Dengan demikian diperlukan upaya penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 3 Banjar Agung dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Audio Visual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Kuantitatif Penelitian Tindakan Kelas.

Hasil akhir penelitian model problem based learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPA SMP Negeri 3 Banjar Agung pada siklus 1 memperoleh
peningkatan belajar Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II. selain itu, nilai rata-rata siswa meningkat dari 57,2 menajdi 77,8 pada siklsu II. peningkatan rata-rata hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan penelitian. Sedangkan jika menggunakan penentuan N-Gain terjadi peningkatakan kognitif siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dimana awal itu 0,14 dengan kriteria rendah dan menjadi 0,38 yang kriterianya sedang.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:16
Last Modified: 17 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item