Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Melalui Jaringan Keanggotaan Pada Produk Air Minum dalam Kemasan Way NU Kota Metro

Hasanah, Lutfiatul (2023) Strategi Pemasaran Melalui Jaringan Keanggotaan Pada Produk Air Minum dalam Kemasan Way NU Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LUTFIATUL HASANAH NPM. 1602040111.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Way NU adalah air minum dalam kemasan yang di kelola oleh lembaga otonom NU yang bernama Nahdlotul Tujjar Mart. Produk Way NU di produksi di desa Jl. Kali Aro, Kec. Sribawono, Lampung Timur. Strategi yang digunakan dalam memasarkan produk adalah memanfaatkan jaringan pemasaran melalui badan-badan otonom NU, seperti MWC NU, PC NU, PAC NU, Ansor, Pagar Nusa, Muslimat dan Fatayat. Tantangan yang dihadapi dalam pemasaran Way NU cukup besar, terutama berkaitan dengan kesiapan SDM, promosi dan dukungan prasarana pengembangan. Untuk itu diperlukan langkah bersama antara pengurus NU, pengusaha NU, lembaga terkait dan masyarakat Nahdliyin dalam pemasaran Way NU.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran air minum dalam kemasan Way NU melalui jaringan keanggotaan dalam meningkatkan hasil penjualan bulanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif. Data yang diolah merupakan hasil wawancara dan observasi yang didapatkan dari laporan penjualan bulanan Way NU pada tahun 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif, yaitu menguraikan data-data yang diperoleh dari perusahaan kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang relevan dengan pelaporan yang mengacu kemudian disimpulkan. Berdasarkan hasil pengumpulan data Way NU dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil penjualan bulanan yakni menambah jumlah produksi, menggencarkan proses promosi, melakukan inovasi produk dengan cara menambah varian kemasan, melakukan pemasaran secara langsung, memberikan pelayanan yang maksimal, menjalin komunikasi yang baik terhadap konsumen, dan yang terakhir memberikan tingkat harga yang kompetitif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Way NU mengacu pada bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix) yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) dan Promosi (Promotion). Dari sisi produk, cukup menarik mudah di ingat. kemasan tersebut dibuktikan pada tutup kemasan bernama Way NU . Harga terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat, yakni Rp 19.000/dus untuk kemasan gelas. Dengan penetapan harga yang relatif murah, maka peluang untuk menarik minat calon konsumen jadi lebih besar. Tempat yang sangat strategis karena letaknya di pinggir jalan utama dan berada pada kawasan padat penduduk serta dekat dengan beberapa instansi. Promosi yang digunakan oleh perusahaan Way NU untuk memperkenalkan dan mencari konsumen adalah dengan menggunakan promosi secara langsung.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Analisis SWOT, keanggotaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:16
Last Modified: 17 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item