Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelas B1 di RA Perwanida Metro

Zahara, Adinda Hafni (2023) Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelas B1 di RA Perwanida Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ADINDA HAFNI ZAHARA _ 1801032001 - Adinda Hafni Zahara.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaplikasian metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di RA Perwanida Metro tahun 2022. Dapat dikatakan bahwa perkembangan bahasa anak di RA mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasanya. Salah satu contohnya, masih ada anak yang kurang jelas dalam berkomunikasi, kurang paham akan symbol-simbol dan belum mengenal beberapa bunyi yang didengarnya. Beberapa anak diantaranya masih mengalami hambatan dalam hal bahasa yang ditandai dengan kejadian pada saat guru atau teman sebayanya memberikan sapaan kepada mereka. Bermain peran merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam memerankan seorang tokoh agar mereka menghayat sifat-sifat dari tokoh atau benda tersebut.

Dengan bermain peran tentunya akan menunjang kemampuan anak dalam berbicara, dengan begitu anak akan saling mengeluarkan pendapat, bernegosiasi dan menemukan jalan tengah bagi setiap persoalan yang muncul tanpa harus merasa malu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu tenaga pengajar di RA Perwanida Metro, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi meliputi profil sekolah dan foto-foto RA Perwanida Metro.

Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pengaplikasian metode
bermain peran dalam pengembangan perilaku sosial anak di RA Perwanida Metro sudah berkembang dengan baik. Adanya metode bermain peran yang digunakan sangat membantu dan memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil pengaplikasian metode bermain peran dapat menstimulus perkembangan bahasa anak dengan lebih maksimal, pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian anak dan menghidupkan suasana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:01
Last Modified: 17 Oct 2023 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item